Warung Bebas

Wednesday, January 30, 2013

Cara Membuat Warna Menggunakan Photoshop | Photoshop 2013


Tutorial berikut merupakan tahap dasar Photoshop, yakni koreksi warna foto digital. Di tutorial ini aku akan belajar bagaimana melakukan koreksi warna di Photoshop menggunakan pengaturan adjustment Hue/Saturation dan tool quick mask.

Untuk pelajaran dasar Photoshop kali ini, aku akan mengoreksi warna baju seorang pria sebagai obyek. Berikut tutorial koreksi warna di photoshop menggunakan pengaturan Hue Saturation.


Koreksi warna di Photoshop

Langkah 1

Buka gambar, dalam contoh ini gambar seorang pria yang pakaiannya akan aku ubah warna, dan reset palet warna dengan menekan tombol "D" pada keyboard.


Langkah 2

Pilih tool Brush dengan ukuran yang dikehendaki dan masuk ke mode quick mask dengan menekan tombol "Q". Kemudian sapukan tool Brush pada area gambar yang tidak akan aku ubah warnanya. Karena aku hanya ingin mengubah warna kaos dalamnya saja, penampilan gambar akan terlihat sebagai berikut.


Langkah 3

Keluar dari mode Quick mask dengan menekan tombol "Q" pada keyboard, dan mestinya tampilan gambar akan terlihat sebagai berikut ini.



Langkah 4

Pilih Image > Adjustment > Hue/Saturation dan drag slider sehingga menghasilkan warna yang anda inginkan. Aku menambahkan setting sebagai berikut: Hue = 50, Saturation = 69 dan Lightness = -18. Pastikan anda mencentang pada checkbox saturation. Hasilnya menjadi seperti gambar berikut :

0 comments em “Cara Membuat Warna Menggunakan Photoshop | Photoshop 2013”

Post a Comment