Warung Bebas

Saturday, January 26, 2013

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami

Wajah anda banyak bekas-bekas jerawat yang sulit hilang? Pasti sangat menjengkelkan saat kita bercermin dan tersenyum dan ada bintik - bintik yang menghiasi wajah kita. Banyak penyebab timbulnya jerawat terutama adalah kebersihan wajah. Berikut beberapa cara  menghilangkan bekas jerawat dengan bahan-bahan yang alami dan ampuh.
          Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam memperbaiki bekas jerawat yaitu tekstur kulit yang rusak akibat timbulnya jerawat, dan warna kulit yang berbeda.

Untuk memperbaiki sel kulit yang luka akibat timbulnya jerawat, perlu dilakukan eksfoliasi rutin untuk mengangkat sel kulit mati. Tapi, bukan berarti hal tersebut dilakukan dengan menggunakan scrub secara ekstrem.


Yang pertama anda dapat menggunakan Baking soda yang tentu saja merupakan salah satu bahan yang mudah didapat, walaupun bukan bahan alami, yang dapat digunakan sebagai exfoliant yang cukup lembut. Baking soda terbuat dari butiran halus yang bentuknya bulat sempurna dan tidak ada sudut yang kasar, sehingga bahan tersebut cocok digunakan untuk mengangkat sel kulit mati dan sel kulit yang berubah warna tanpa melukai kulit dan menyebabkan iritasi.

Cara penggunaannya cukup ambil 1 sendok makan baking soda dan cambur dengan sedikit air, kemudian aplikasikan ke muka dan pijat-pijat dengan gerakan memutar. Jangan lupa membilasnya sesudahnya. Cukup digunakan 2 kali seminggu dan tidak lebih.

Untuk membantu menyamarkan warna kulit yang menghitam, bisa menggunakan jus lemon. Peras sekitar 1 sendok jeruk lemon dan gunakan air tersebut sebagai toner tiga kali seminggu. Bisa diaplikasikan dengan menyemprotkannya ke muka atau menggunakan kapas. Atau, bisa juga diaplikasikan langsung ke daerah bekas jerawat dengan menggunakan cotton bud.

Tapi ingat, hindari area mata pada saat mengaplikasikan jus lemon, karena dapat menyebabkan iritasi.

Vitamin C yang terkandung dalam jus lemon memicu proses kimia yang membantu peluruhan kulit dan sel kulit mati. Penggunaan jus lemon pada kulit juga membantu meratakan warna kulit lebih cepat dan menyamarkan warna hitam pada bekas jerawat.

Atau anda dapat mengkonsumsi makanan - makanan berikut. menurut penelitian di bidang diet dan kulit, terungkap pola makan yang kaya buah dan sayuran sangat baik untuk kulit. Makanan sehat ini akan mengurangi inflamasi dan komedo.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dianjurkan:

1. Vitamin A
Vitamin A membantu mengatur siklus regenerasi kulit sehingga tidak ada lagi protein dan minyak penyebab jerawat yang tersumbat. "Vitamin A adalah kandungan utama obat-obatan jerawat," kata Marmur. Sumber terbaik vitamin A adalah minyak ikan, salmon, wortel, bayam, dan brokoli. Meski begitu jangan berlebihan mengonsumsi vitamin A karena bisa bersifat toksik.

2. Zinc
Penelitian menunjukkan orang yang berjerawat pada umumnya memiliki kadar zinc (seng) yang rendah. Zinc diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang tidak nyaman untuk pertumbuhan P.acnes. Selain itu mineral ini berguna untuk meredakan kulit yang iritasi. Zinck ditemukan pada almonds, kacang-kacangan, atau daging.

3. Vitamin E dan C
Antioksidan dalam vitamin E dan C memiliki efek menenangkan pada kulit. Vitamin C bisa ditemukan pada jeruk, pepaya, tomat, atau kiwi. Sementara vitamin E didapat dari kacang, minyak zaitun, brokoli, alpukat, dan sayuran hijau.

4. Selenium
Mineral selenium mengandung antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas.
Penelitian juga menyebutkan, bersama vitamin E selenium akan mempercepat penyembuhan jerawat. Sumber selenium antara lain daging salmon, tuna, kacang, telur, dan beras merah.

5. Omega 3
Asam lemak omega-3 mencegah molekul yang bisa menyebabkan inflamasi yang memicu gangguan kulit. Sumber omega-3 terbaik adalah ikan laut dalam, minyak flaxseed, dan kacang-kacangan.

6. Air
Air akan membantu menghidrasi tubuh dan melembabkan kulit. Konsumsi air yang cukup juga menghilangkan toksin yang memicu masalah kulit.

0 comments em “Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami”

Post a Comment