Warung Bebas

Saturday, January 12, 2013

Informasi SNMPTN Jalur Undangan 2013


Informasi SNMPTN Jalur Undangan 2013 | Syarat Jalur Undangan

Informasi SNMPTN Jalur Undangan | Syarat Jalur Undangan. SNMPTN merupakan kependekan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Sebagai jalur masuk di perguruan tinggi negeri di Indonesia, pelaksanaan SNMPTN setiap tahun selalu mengalami perubahan. Tahun lalu penerimaan SNMPTN terdiri atas dua jalur utama, yakni SNMPTN Jalur Undangan dan SNMPTN Jalur tertulis.

SNMPTN Jalur Undangan sebenarnya merupakan inovasi dari dikti untuk merekrut mahasiswa berprestasi di sekolah. Dulu pernah dikenal dengan PMDK, atau juga mungkin PMJK (Penerimaan Mahasiswa Jalur Khusus). Kini, dengan SNMPTN Jalur Undangan 2013 semua siswa berprestasi di seluruh Indonesia dapat masuk ke perguruan tinggi negeri pilihannya asalkan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.
Yang istimewa dari jalur Undangan 2013 ini adalah siswa tidak akan dites secara langsung, melainkan hanya dengan melampirkan nilai raport dari Semester 3 hingga 5. Seperti juga jalur undangan tahun sebelumnya, proses penginputan nilai raport dilakukan oleh pihak sekolah. Bisa oleh kepala sekolah atau juga wakil kepala sekolah.

Informasi SNMPTN Jalur Undangan 2013 | Syarat Jalur Undangan

Syarat utama siswa untuk dapat diterima pada jalur undangan adalah termasuk dalam peringkat tertentu di sekolah. 
  • Sekolah dengan akreditasi A diberikan kuota sebanyak 50% terbaik siswa selama semester 3 - 5. Syarat ini dipertegas dengan aturan bahwa setiap siswa yang akan didaftarkan pada SNMPTN Jalur Undangan harus memiliki peringkat termasuk dalam 50% terbaik selama 3 semester berturut-turut secara konsisten. 
  • Sekolah dengan akreditasi B diberikan kuota sebanyak 25% dari siswa terbaik selama semester 3 - 5.
Contoh Kasus 1 :
Budi adalah siswa Jurusan IPA dari SMAN 1 Bone-Bone yang memiliki akreditasi A. Jumlah siswa Jurusan IPA di sekolah tersebut adalah 100 orang. Karena akreditasinya A, maka dari SMAN 1 Bone-Bone akan diterima 50 siswa dengan prestasi terbarik yang konsisten pada semester 3, 4 dan 5. Budi memiliki peringkat sebagai berikut : Peringkat 29 pada Semester 3, Peringkat 49 pada Semester 4 dan Peringkat 34 pada semester 5. Melihat kasus ini, Budi akan lolos pada seleksi awal SNMPTN Jalur Undangan karena peringkatnya konsisten di 3 semester yang disyaratkan. Penghitungan peringkat akan dilakukan oleh sistem (dalam hal ini website jalur undangan), hanya dengan memasukkan nilai rapor secara kolektif. Penghitungan peringkat juga didasarkan pada peringkat jurusan pada level sekolah, bukan level kelas. Jadi nanti akan diurutkan dari peringkat 1 hingga peringkat akhir untuk jurusan IPA dan juga akan diurutkan dari peringkat 1 hingga peringkat akhir untuk jurusan IPS.
Contoh Kasus 2 :
Mila adalah siswi jurusan IPS di SMAN 1 Bone-Bone, sebuah sekolah di kabupaten Luwu Utara dengan akreditasi A. Jumlah siswa jurusan IPS di sekolah tersebut adalah 200 orang, dan peringkat Mila selama 3 semester dimaksudkan berturut-turut sebagai berikut : 87, 114, 99. Karena jumlah siswa jurusan IPS adalah 200 orang, berarti akan diterima kuota sebanyak 100 siswa yang akan mendaftar di jalur undangan. Nah, dalam hal ini Mila tidak dapat memenuhi syarat peringkat konsisten di 50% terbaik pada semester ke 4, yakni dengan peringkat 114. Maka otomatis nanti Mila tidak akan lolos di Jalur Undangan.
Begitulah model penghitungan awal yang dijadikan syarat untuk SNMPTN Jalur Undangan 2013. Untuk melakukan semua itu, kepala sekolah hanya perlu mengupload nilai-nilai siswa kelas XII secara keseluruhan. Upload nilai ini telah disetting sedemikian rupa sehingga tidak terlalu menyulitkan. Di website nanti akan ada template untuk memasukkan nilai siswa untuk semua jurusan di Kelas XII.
So, just enjoy. Jalur Undangan 2013 merupakan salah satu jalur masuk yang lumayan memudahkan siswa. Tidak perlu terlalu ribet dengan daftar pada perguruan tinggi yang letaknya mungkin jauh dari sekolah. 
Dengan jalur undangan ini, sekolah diberikan kepercayaan untuk mendaftarkan siswa mereka ke perguruan tinggi negeri tanpa banyak prosedur. Untuk bagian awal, pihak sekolah lah yang harus proaktif dan bekerja keras dalam mencari informasi dan menyelesaikan prosedur pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan 2013.
Semoga info awal ini bermanfaat. 

0 comments em “Informasi SNMPTN Jalur Undangan 2013”

Post a Comment